Dari ribuan jenis burung di Indonesia, banyak sekali diantaranya yang termasuk burung dengan suara kicau sangat indah. Sehingga mampu menghipnotis para pecinta burung merogoh kocek dalam untuk dapat memelihara dan mendengarkan. Nah, berikut adalah beberapa jenis burung kicau termahal di Indonesia.


Anis merah

anis / punglor merah
anis / punglor merah

Anis / Punglor Merah sangat populer di kalangan penggemar burung di Indonesia. Tentang kepiawaiannya membawakan suara kicauannya yang terbilang luarbiasa, menjadikan burung ini selalu menjadi favorit di hati penggemar burung.

Anis kembang
anis / punglor kembang
anis / punglor kembang

Kepopuleran Punglor Kembang setara dengan Punglor Merah. Kepiawaiannya melantunkan kicauannya sangat luarbiasa, sehingga suara dasarnyapun sangat nyaman untuk dinikmati.

Beo
beo
beo

Beo adalah burung yang pandai menirukan suara yang didengarnya. Kepintaran seperti ini sangat jarang untuk bisa dimiliki burung-burung ocehan lainnya. Dari itu banyak burung Beo yang menjadi hewan peliharaan manusia karena kepintaran dalam menirukan suara yang didengarnya. Penyebarannya ada di hutan-hutan basah dan daerah perbukitan yang tinggi dari permukaan laut.

Blackthroat
balckthroat
balckthroat

Blackthroat merupakan burung kecil yang masuk dalam bangsa Passeriformes dan dikelompokan dalam subbangsa Passeres (bangsa burung penyanyi) sehingga wajarlah kalau burung ini mempunyai suara dan nyanyian yang sangat mempesona. Blackthroat masuk dalam famili Fringilidae (bangsa kenari) dalam kelompok Serinus. Ketertarikan manusia pada burung ini tidak terlepas dari keterampilannya menyanyikan lagu yang merdu dan keras, di alamnya di benua Afrika burung Blackthroat ini biasa bertengger di pucuk pohon yang tinggi baik untuk mempersyaratkan daerah kekuasaannya maupun untuk memikat Blackthroat betina, suaranya dapat terdengar sampai ratusan meter.

Branjangan
branjangan
branjangan

Burung branjangan adalah salah satu burung kicau pandai meniru suara burung lain. Suara / lagu asli burung tersebut di alam liar hanya terdiri dari tiga lagu utama, yakni “tit” “cek” atau “cik” dan “tir”. Kelebihan burung branjangan yang tidak dimiliki burung lain adalah mampu berkicau sambil terbang di tempat. Di alam bebas, burung ini suka terbang secara memanjat dan terus membumbung ke atas, sambil berkicau sampai tidak terlihat, dan tiba-tiba sudah meluncur sampai di tanah.

Ciblek
ciblek
ciblek

Ciblek merupakan burung yang memiliki kegarangan saat sedang diarena lomba. Meskipun berpostur kecil namun burung ciblek mempunyai gaya fighter yang sangat menarik, mental ngotot saat bertemu dengan lawannya.

Cililin
cililin
cililin

Burung cililin atau yang mempunyai nama asli tangkar ongklet adalah burung sakti karena suaranya bagaikan suara emas buat master burung lain. Ada dua jenis cililin yang suaranya biasa digunakan untuk pemasteran pertama cililin coklat dan cililin hitam, dimana cililin coklat mempunyai suara dengan volume yang keras, mempunyai speed dan karakter suara yang rapat hal ini mengapa kicau cililin jadi favorite kicaumana semua dan satu lagi cililin hitam memiliki suara yang pendek dan cenderung kasar.

Cucak hijau
cucak hijau
cucak hijau

Cucak Hijau adalah salah satu burung yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bintangnya semakin gemilang, terbukti di lomba-lomba burung berkicau di beberapa daerah, kelas yang dibuka untuk burung ini selalu penuh. Bahkan sudah sangat banyak transfer gacoanCucak Hijau dengan nilai sangat fantastis.

Cucak jenggot
cucak jenggot
cucak jenggot

Burung cucak jenggot adalah burung ocehan yang begitu banyak penggemarnya. Dengan suara yang keras dan gaya petarung yang bagus menjadi karakter tersendiri yang dimiliki oleh burung ocehan cucak jenggot. Burung cucak jenggot mempunyai nama latin Alophoxius Bres dan habitat aslinya ialah di hutan. Dan makanan favoritnya yang tak boleh dilupakan ialah buah-buahan karena burung cucak jenggot saat berada di alam liar makanannya tak lepas dari buah-buahan setiap harinya.

Cucak Ranti
cucak ranti
cucak ranti

Cucak ranti (Chloropsis cochinchinensis ) adalah burung  yang sekerabat dengan cucak hijau yang termasuk dalam keluarga burung Chloropseidae dan dalam bahasa Inggris disebut Blue-winged Leafbird.

Cucak rowo
cucak rowo
cucak rowo

Cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Seperti namanya, cucak rawa biasa ditemukan di paya-paya dan rawa-rawa di sekitar sungai, atau di tepi hutan. Sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suaranya yang khas. Suara lebih berat dan lebih keras dari umumnya cucak dan merbah. Siulan jernih, jelas, berirama baku yang merdu membuat harga burung ini sangatlah tinggi.

Gelatik
gelatik
gelatik

Gelatik adalah sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang lebih kurang 15cm, dari suku Estrildidae. Burung jantan dan betina serupa. Burung ini endemik dari Indonesia dan di alam ditemukan di hutan padang rumput, sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Sekarang, spesies ini dikenali di banyak negara di seluruh dunia sebagai burung hias.

Hwamei
hwamei
hwamei

Hwa Mei atau dapat juga disebut dengan burung Wambie adalah burung berkicau yang berasal dari Cina, tepatnya berasal dari daerah Huang Co, burung ini telah tersebar meliputi pulau jawa, Lombok, Bali hingga Irian yang konon katanya burung ini hidup di hutan Bambu dan semak-semak belukar yang dekat dengan aliran sungai.

Jalak bali
jalak bali
jalak bali

Jalak bali adalah burung yang penampilannya mirip dengan burung Jalak putih dengan aciri - ciri memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam, Mata burung Jalak Bali berwarna coklat tua, daerah sekitar kelopak mata tidak berbulu dengan warna biru tua, Burung Jalak Bali mempunyai jambul yang indah, baik pada jenis kelamin jantan maupun pada betina.

Jalak kerbau
jalak kerbau
jalak kerbau

Jalak merupakan jenis burung berkicau yang memiliki suara kasar dan keras dengan ragam variasi tembakan yang bisa juga dijadikan masteran bagi burung berkicau lainnya seperti Muray Batu. Banyak jenis-jenis burung jalak yang bisa dijadikan masteran seperti burung Jalak Suren, Jalak Putih, jalak Malaysia, Jalak Kebo, Jalak Cungko ataupun jenis-jenis dari keluarga jalak lainnya semacam Rio-rio dan lainnya.

Jalak nias
jalak nias
jalak nias

Jalak nias merupakan salah satu jenis burung berkicau yang banyak disukai oleh para pecinta burung karena suara kicauannya. Bahkan perlombaan untuk jalak nias juga sering diadukan.

Jalak putih
jalak putih
jalak putih

Jalak Putih (Sturnus melanopterus), adalah salah satu spesies dari sekian banyak spesies burung Jalak yang ada di Indonesia. Populasi burung Jalak Putih ini tersebar di pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra dan Kalimantan. Bagi kalangan penggemar burung, burung Jalak Putih dianggap sebagai burung tengahan berada di antara Jalak Suren dan Jalak Hitam. Jalak putih termasuk burung yang eksotis karena memiliki penampilan yang cantik, serta memiliki suara yang tidak kalah baiknya dibanding Jalak Suren maupun Jalak Hitam.

Jalak suren
jalak uren / suren
jalak uren / suren

Jalak suren adalah spesies jalak yang ditemukan di Anakbenua India dan Asia Tenggara. Burung-burung ini biasa ditemukan dalam kelompok kecil di kaki lembah dan di dataran rendah. Jalak suren memiliki beberapa variasi bulu dalam populasinya, dan sampai saat ini sudah teridentifikasi lima subspesiesnya. Jalak ini berukuran sedang, berwarna hitam dan putih

Kacer
kacer  / poci / koci
kacer  / poci / koci

Burung Kacer merupakan burung petarung yang mana pada sekarang ini lagi digemari di kalangang para kicau mania,sehingga harganya pun sedikit mengalami kenaikan,selain itu burung Kacer juga memiliki suara yang sangat merdu dan sangat enak didengarkan sehingga banyak yang memeliharanya di rumah.
Burung Kacer yang lagi populer di Indonesia ada 2 jenis yakni Burung Kacer hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan kacer jawa oleh para kicau mania yang kedua yaitu kacer sekoci ( poci ) atau yang lebih dikenal dngan sebutan Kacer Sumatera ada juga yang menyebutnya dengan Kacer Priangan.

Kapas tembak
kapas tembak
kapas tembak

Burung kapas tembak merupakan burung yang memiliki sifat teritori. Di alam bebas burung ini sangat menyukai tempat-tempat tinggi (pohon) seperti Jati. Burung ini memiliki suara yang khas dan nyaring, sehingga sangat cocok dijadikan isian untuk berbagai jenis burung kicau lainnya.

Kenari
kenari
kenari

Burung Kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak penggemarnya. Memiliki variasi warna yang beragam dan kombinasi warna yang unik. Merawat burung Kenari sangatlah mudah dan menyenangkan. Burung ini mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Penyanyi dan petarung. Apabila mendengar suara burung kenari lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.

Kolibri
kolibri
kolibri

Kolibri adalah kelompok burung kecil, dan salah satu jenis kolibri terkecil di dunia yang pernah ditemukan adalah Kolibri lebah. Mereka dapat melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik (tergantung dari spesies). Mereka juga dapat terbang mundur, dan merupakan satu-satunya kelompok burung yang bisa melakukan hal itu. Kolibri dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 15 m/ detik (54 km / jam, 34 mil / jam). Seperti burung pemakan nektar lainnya dan tidak seperti burung-burung jenis lain, kolibri minum dengan menggunakan protrusible berlekuk atau palung-seperti lidah

Lovebird
lovebird
lovebird

Burung lovebird merupakan burung sosial. Di alam bebas, burung ini hidup berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-20 ekor. Burung dewasa hidup berpasangan. Disebut “love bird” atau “burung cinta” karena burung ini baru berpisah dari pasangannya bila salah satunya mati. Burung dari genus Agapornis ini ukuran tubuhnya relatif mungil, bila dibanding burung berparuh bengkok lainnya. Sedikit lebih besar dari burung parkit. Panjangnya sekitar 13-17 cm dengan bobot 30-60 gram.

Manyar
manyar
manyar

Manyar adalah jenis burung pemakan biji-bijian atau granivora yang menyukai habitat terbuka seperti padang rumput, tepi hutan, rawa dan persawahan.

Mozambik
mozambik
mozambik

Mozambik adalah burung kecil yg sangat atraktif, burung kicau kecil yang cerewet, mozambik adalah serins populer Afrika yang berhubungan dekat dengan kenari. Berusia panjang (beberapa, hidup sampai 15 atau 20 tahun) yang akan menghibur kita dengan nyanyian merdu mereka.
Habitat asal mereka merupakan daerah semi tandus yang berilalang tinggi dan hutan di sentral Afrika dan menyukai dataran terbuka daripada dahanan rimbun kecuali untuk bertengger pada malam hari dan bersarang. Pejantan dan betina dapat dibedakan dengan ‘kalung’ titik hitam yang melingkar di leher betina.  Meskipun demikian pada burung muda pun terdapat ‘kalung’ yang sama. Cara termudah membedakannya adalah setelah dewasa. Pejantan memiliki nyanyian yang menyenangkan, yang dinyanyikan teratur sepanjang hari.

Murai batu
murai batu
murai batu

Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

Pancawarna
pancawarna
pancawarna

Panca Warna adalah jenis burung yang memiliki warna 5 jenis seperti namanya. Jenis burung ini terbilang langka, namun untuk burung Panca Warna, masih banyak dijumpai di pasar burung di Surabaya. Habitat burung jenis ini ada yang bilang dari luar negeri, dan ada yang bilang dari pulau luar jawa alias lokal.

Parkit
parkit
parkit

Burung parkit merupakan binatang asli Australia yang ditemukan hidup dalam kelompok besar di alam liar bahkan bisa mencapai ribuan ekor dalam satu kelompok. Burung parkit biasanya hidup di hutan belukar terbuka ataupun gurun. Burung parkit liar merupakan hewan nomaden jadi pergerakan hidup mereka sangat tergantung dari pasokan makanan dan air. Untuk burung parkit liar biasanya membangun sarang mereka dengan bersarang pada lubang pohon.

Pelatuk
pelatuk
pelatuk

Pelatuk adalah salah satu jenis burung langka yang ada di negeri kita. Ada beberapa jenis burung pelatuk, namun yang paling banyak dicari adalah pelatuk bawang berjari 3 biji. Ya, memang benar, jarinya cuma ada 3, depan 2 belakang 1. Jari-jari ini berfungsi sebagai alat pegangan saat dia menempel di batang pohon yang tegak, sambil paruhnya mematok-matok batang pohon untuk dilubanginya.

Pentet / cendet
plentet / cendet
plentet / cendet

Burung Cendet / Burung Pentet merupakan salah satu burung predator yang memiliki suara variasi isian yang sangat baik. Banyak Kicaumania yang menganggap perawatan burung jenis ini susah. Padahal merawat burung ini sama mudahnya dengan merawat burung berkicau jenis lain. Burung Cendet adalah burung cerdas dari keluarga Turdidae.

Pleci
pleci / kacamata
pleci / kacamata

Pleci adalah burung kecil yang imut dengan lingkaran putih di sekitar mata ( kacamata ) kini memang tengah menjadi primadona di setiap penjuru daerah, hampir disetiap pelosok desa atau kecamatan sampai desa demam pleci menia yang melanda.

Kepodang
kepodang
kepodang

Burung Kepodang yaitu burung kicauan (Passeriformes) yang memiliki bulu yang indah serta juga populer sbg burung pesolek yang senantiasa terlihat cantik, rapi, serta bersih termasuk juga dalam hal membuat sarang. Kepodang adalah satu diantara jenis burung yang susah dibedakan antara burung jantan serta betinanya menurut bentuk fisiknya. Burung kepodang terhitung jenis burung kurungan lantaran dibeli oleh orang-orang untuk penghias rumah, oleh karena itu burung ini masuk ke dalam komoditas perdagangan dan menjadikan populasinya semakin berkurang.

Poksay
poksay
poksay

Burung poksay merupakan salah satu jenis burung yang dikonteskan atau dilombakan. Burung ini juga memiliki penggemar yang cukup banyak, dengan suara dasar yang nyaring dan bervariasi  dalam jarak yang lumayan jauhpun suara burung ini masih dapat terdengar. Burung poksay yang mempunyai suara keras dan bervariasi adalah burung poksay jantan, burung dengan nama latin Garrulax chinensis di alam bebas terbiasa memakan jenis-jenis serangga seperti ulat, jangkrik belalang dan lainnya. Burung dengan ciri-ciri warna kecoklatan, sedikit warna putih di telinganya dan sedikit jambul di atas hidungnya semakin menambah daya tarik poksay terhadap peminatnya.

Prenjak
prenjak
prenjak

Perenjak adalah burung berukuran kecil, ramping dan berekor panjang. Panjang tubuh, diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor, kebanyakan antara 10-15 cm; meski ada pula yang lebih dari 25 cm. Kebanyakan berwarna kekuningan, hijau zaitun, atau kecoklatan di punggung, dengan warna keputihan atau kekuningan di perut.
Bersuara nyaring dan resik, perenjak seringkali berbunyi tiba-tiba dan berisik. Beberapa jenis berbunyi keras untuk menandai kehadirannya, sambil bertengger pada ujung tonggak, ujung ranting, tiang, kawat listrik atau tempat-tempat menonjol lainnya.

Samyong
samyong
samyong

Burung samyong atau yang memiliki nama popular Bare-throted Whistler dan berasal dari keluargaPachycephalidae ini merupakan salah satu burung endemik khas Nusa Tenggara. Burung jenius dengan suara yang lantang ini bisa disebut sebagai jelmaan burung nightingale yang dimiliki oleh Indonesia. Didaerah asalnya, burung samyong terdiri dari dua spesies yang berbeda. Di flores, burung samyong lebih dikenal dengan nama garugiwa yang memiliki sub-spesies Pachycephala nudigula nudigulase. Sedangkan berbeda lagi di Sumbawa yang memiliki spesies nudigula ilsa dengan ciri khas warna tubuh lebih cerah dengan bagian bawah lebih berwarna kehijauan.

Sikatan
sikatan
sikatan

Sikatan atau juga ada yang menyebut srikatan, adalah burung  yang memiiliki postur besar seperti burung kutilang. Ciri khas dari burung srikatan adalah kicauannya. Suara kicau sikatan jantan mampu merangsang burung murai batu untuk ikut bernyanyi.

Sirtu / cipoh
sirtu / cipoh / kapasan
sirtu / cipoh / kapasan

Cipoh kacat (Aegithina tiphia) adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di Anakbenua India dengan populasi yang menunjukkan variasi bulu, beberapa di antaranya dianggap subspesies. Cipoh kacat ditemui di semak-semak, mudah ditemukan berdasarkan siulannya yang lantang dan warnanya yang terang. Selama masa perkawinan, burung jantan pamer dengan mengembangkan bulu-bulunya dan berputar di udara sehingga tampak seperti bola hijau, hitam, kuning dan putih.

Sulingan / tledekan
tledekan / sulingan
tledekan / sulingan

Tledekan gunung atau sulingan adalah burung petarung atau memiliki sifat teritorial. Karena sifatnya itulah, burung tledekan cenderung mudah stres atau ngedrop, terlebih jika selalu berdekatan dengan burung bertipe fighter lainnya seperti kacer atau murai batu. Untuk panduan bagi tledekan mania, berikut ini beberapa cara mengatasi burung tledekan / sulingan yang ngedrop.

Trucukan 
trucukan
trucukan

Nama latin dari burung trucukan adalah (Pycnonotus goiavier) yang sering hidup dialam liar dan sering terlihat sama seperti burung kutilang,trucukan sendiri kalau orang sunda bilang manuk Jogjog yang memiliki suara ropel mirip dengan burung Cucakrowo yang merupakan daya tarik dari burung tersebut.

Itulah beberapa burung kicau termahal di Indonesia. Meskipun sebenarnya masih sangat banyak jenis burung lain yang kualitas suara kicau dan juga harganya mahal sama seperti burung - burung diatas.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top